Total Tayangan Halaman

Kamis, 01 November 2012

SEJARAH ANDROID

ANDROID VS ? who.......

          Suatu waktu saya ditanya seorang rekan "pilih mana Cupcake, Donut, Frozen Yoghurt, Ice Cream Sandwich atau Jelly Bean?", otomatis saya langsung menjawab , "wah2 ada yang mau traktir nih".Dengan kepolosan saya yang memang tidak mengetahui ternyata yang dia tanyakan itu ada OS (yang belum tau OS tanya om google yak). btw OS apa ya namanya kok lucu2 begitu, well...lets begin.
         Kembali ke tahun 2005, di tahun ini tepatnya 7 tahun yang lalu ada sebuah prototype yang digadang-gadang akan menguasai dunia dan di incar-incar oleh banyak perusahaan besar telekomunikasi dunia.
         BANG!! 2 Tahun kemudian tepatnya November 2007  google membeli OS Android dan rumor santer beredar bahwa google ingin mengeluarkan seluler mereka pada OS ANDROID yang membuat Android tentu menjadi seperti maaf BB saat ini yang cenderung tak berkembang menurut saya, karena saya kurang setuju dengan sistem monopoli pasar. Aliansi besar  disebut - sebut sebagai perancang utama pada google phone nanti, well memang benar google benar mengeluarkan sebuah produk yang dinamakan Nexus, Anyhow this product is not runs well I assumed.
           Gebrakan Google tidak sampai situ saja akhirnya mereka membuat sebuah konsorsium untuk pengembangan OS Android  dibentuklah Open Handset Alliance konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan NVidia.
             
            Android dan Dessert Name(Hidangan Penutup Makan)
            Kru Divisi pengembangan pada Google Android jelas-jelas mempunyai selera humor, dan mereka pun menyetujui bahwa OS mereka yang akan dikeluarkan nantinya adalah diambil dari jenis-jenis makanan penutup. Konon ini terjadi karena kebiasaan mereka yang jarang makan siang malah kebanyakan ngemil makanan2 tersebut ketika sedang bekerja, nah untuk mengetahui jenis-jenis OS apa saja yang sudah beredar luas dan tentu tak asing lagi ditelinga kita mari kita review satu-satu OS Android ini.

           No Name Versi 1.0 dan Versi 1.1
             Keluaran pertama dari OS ini tampaknya memang tidak mempunyai nama, ini dimungkinkan karena merupakan cikal bakal dan baru bergabungnya konsorsium-konsorsium tersebut diatas tadi.
             HTC merupakan KOnsorsium pertama yang benar-benar menawarkan produk mereka ke konsumen ponsel, T-mobile G1 adalah ponsel pertama yang dirilis oleh mereka atau dikenal dengan nama HTC Dream, ponsel ini dirilis pada bulan oktober 2008.
            Update dari versi 1.0 ini diluncurkan pada januari 2009 yang mana berbarengan dengan penerusnya yakni cupcake.

           Android 1.5, i.e. Cupcake
           Secara teknis google tidak mengeluarkan versi 1.2 karena mereka langsung loncat dengan mengabaikan versi 1.2 yang tidak mereka rilis, jadilah versi yang tidak beraturan ini identik dengan pemberian kode nama hidangan makanan penutup dimulai dengan cupcake.
          terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth  A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
        

        Android 1.6, i.e. Donut

            Android Versi 1.6 mempunyai kode nama Donut  dirilis pada Bulan September 2009 dengan beberapa kemampuan tambahan.
           dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.
           Bentuk donut yang biasanya enak dipandang dan ditaburi bubuk gula diatas nya menjadi inspirasi bagi para pengembang Android di Divisi Google Android.

         

       Android 2.0 / 2.1, i.e. Eclair

          
          diluncurkannya  ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair) terjadi pada bulan Desember 2009 , perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML 5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
           Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.
          Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli,

        Android 2.2, i.e. Froyo

 
       Android 2.2 mainly improved speed by adopting the Javascript "just-in-time" compiler engine from the Google browser "Chrome", as well as improved browser support by adding animated GIF support, Flash 10.1 plug-in support, along with USB tethering and Wi-Fi Hotspot capability (for those with supporting hardware).
Froyo is actually concatenated from "frozen yogurt", but is also a brand name. It is a frozen dessert made from yogurt, so it is slightly more sour, but also lower in fat.(pake bahasa inggris deh sekali-sekali).
      Mungkin ini agak asing di telinga kita apa itu Froyo, Froyo itu singkatan dari Frozen Yogurt, nah di tampilan ini sekali lagi Android bakal buat kita berdecak kagum dengan hasil yang mereka raih dengan add on Chrome, animasi gif dan Flash serta auto update terbaru dari market android.

        Android versi 2.3 (Gingerbread)

 

       Gingerbread Android secara resmi dirilis pada bulan Desember 2010 sebagai penerus dari Froyo dan diyakini akan booming seperti suksesor terdahulunya. 
        Dan tepat pada bulan ke 7 Google secara resmi meluncurkan Nexus S yang menggandeng perusahaan Samsung , ini merupakan Ponsel pertama yang menggunakan OW Gingerbread. 
        Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication  (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu. 

         Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

           Dirilis resmi pada bulan Januari 2011 yang secara cepat di ikuti versi selanjutnya 3.1 dan 3.2, karena tekanan pasar yang selalu ingin melihat hal yang baru dari Android ini.
            Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorolla Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee pad produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.

       

      Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)

    Sebuah karya High end diluncurkan dan langsung disambut oleh samsung yang tau tahu betul pangsa pasar Asia, mereka segera meluncurkan Samsung S2 yang trend hingga saat ini, menyusul nanti suksesornya Samsung S3
     Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus.

        Android versi 4.1 (Jelly Bean)

        pada juni 2012 kita bisa melihat ikon dari OS Android terbaru yang bernama Jellybean, dan memang benar OS Jelly Bean akan segera diluncurkan.

Review :

       Kehadiran Android memang mengguncang dunia tentu saja ini sangat mengancam pendahulu-pendahulu OS yang telah sukses meraih pangsa pasar yang luas seperti Blackberry ataupun Apple dan Nokia yang mengusung Windows, bahkan kini windows sudah meluncurkan windows 8 yang menurut saya rada-rada mirip Android :D, ups.
      Android adalah berita baik bagi penggemar open source, mereka membuat perkumpulan-perkumpulan yang mengembangkan software ini untuk menjadi lebih baik, Thanks Android, Thanks Google.

   

 

 


 

 

 

      


 

   







            














Tidak ada komentar:

Posting Komentar